Hal yang Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Pankreas

Pankreas merupakan organ tubuh yang sangat penting sebab bisa menghasilkan insulin serta enzim pencernaan yang membantu mencerna makanan. Enzim pencernaan yang bisa dihasilkan oleh pankreas adalah pemecah karbohidrat, pemecah protein dan pemecah lemak. Jika terjadi kerusakan pada pankreas, metabolisme tubuh akan terganggu. Sebenarnya apa saja hal yang menjadi penyebab kerusakan pankreas?

Faktor penyebab kerusakan pankreas

Faktor penyebab kerusakan pankreas

Seiring pertambahan usia, kemampuan pankreas menghasilkan insulin dan enzim pencernaan juga ikut menurun. Namun, penyebab gangguan bisa dialami usia produktif karena gaya hidup kurang sehat. Setidaknya ada beberapa faktor yang harus Anda waspadai sebagai penyebab kerusakan pankreas berikut ini.

1. Mengkonsumsi minuman mengandung alkohol
2. Merokok
3. Mengkonsumsi obat-obatan terlarang
4. Kurang berolahraga
5. Memiliki berat badan berlebihan

Gaya hidup yang kurang memperhatikan asupan makanan bergizi bisa menjadi penyebab gangguan pada organ vital Anda ini. Berat badan yang ideal bisa membuat fungsi organ tubuh lebih maksimal dibandingkan orang yang mengalami obesitas. Jika terus dibiarkan tanpa penanganan, gangguan pankreas bisa menyebabkan berbagai penyakit lebih parah seperti diabetes mellitus, pankreasitis, kanker pankreas dan lain-lain.

Menjaga kesehatan pankreas sejak dini

Jika mengalami kerusakan pankreas, langkah penanganan medis seperti suntik insulin, pemberian enzim, drainase, reseksi kanker pankreas, operasi pseudokista dan transplantasi pankreas mungkin saja diperlukan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan pankreas sejak dini bisa dilakukan untuk menekan risiko kerusakan organ yang penting namun sering diabaikan ini.

Selain menekan risiko dengan menghilangkan kebiasaan yang menjadi penyebab kerusakan pankreas, Anda juga bisa mulai mengkonsumsi makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan pankreas seperti bawang putih, bayam, yoghurt probiotik, jamur, brokoli, cherry, ubi jalar dan anggur merah. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi juga ampuh mematikan sel kanker pankreas. Tentu Anda juga harus menghindari konsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang.

Mengetahui faktor penyebab kerusakan pankreas tentu bisa memberikan wawasan agar lebih menjaga kesehatan diri mulai sekarang. Yuk, sayang organ vital pankreas Anda agar bisa memaksimalkan kinerja memproduksi insulin dan enzim pencernaan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *